isi Mahasiswa Indonesia Turun ke Jalan Tolak Kenaikan BBM | SekberBuruH
Select Menu

ads2

Aksi

Kampanye

Kampanye

Aksi

Kabar Basis

Kampanye

Ekspresi

Solidaritas

Artikel

SEKBER BURUH TV

» » Mahasiswa Indonesia Turun ke Jalan Tolak Kenaikan BBM
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Mahasiswa Indonesia Turun ke Jalan Tolak Kenaikan BBM
Aksi mahasiswa menolak kenaikan BBM, dok.photo: solidaritas.net
SEKBERBURUH, JAKARTA - Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) terus menyuarakan penolakan terhadap kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

AMI yang tergabung dari mahasiwa kampus UI, IISIP, GUNADARMA, UHAMKA, UIN, UP, UNAS, PARAMADINA, UBK, TRISAKTI, APP, UNTIRTA, KP FMK, PEMBEBASAN, LMND, FORMAD, FMN dan SMI mengajak rakyat untuk melawan kebijakan itu, karena dianggap pemiskinan terhadap rakyat.

Menurut mereka, pencabutan subsidi BBM bukan solusi. Dan sudah saatnya aset migas menjadi milik rakyat (nasionalisasi).


Menurut Korlap aksi, Yasmin, aksi tersebut dalam rangka menyambut pemerintahan baru untuk kesejahteraan rakyat. “Demi kesejahteraan rakyat, Presiden terpilih Jokowi tidak boleh menaikan harga BBM,” kata Yasmin.




Moken Taufik, juru bicara Pembebasan mengatakan pemerintahan Jokowi-JK (Jusuf Kalla) tidak mungkin pro rakyat tanpa pengawalan dari gerakan rakyat.

“Jadi, rakyat jangan terlalu berharap dengan pemerintah, tapi harus memastikan kesejahteraannya sendiri dengan berorganisasi dan membangun gerakan sendiri. Jangan titipkan nasib kepada elit-elit politik,” kata mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ini.

Menurutnya juga, rakyat harus bersatu padu melawan Koalisi Merah Putih (KMP) yang ingin kembali ke masa Orde Baru. “Itu masa yang sangat buruk, di mana tidak ada kebebasan berorganisasi, berserikat, pers, bahkan membaca buku, seperti buku-buku Pramoedya Ananta Toer yang dilarang pada masa itu. Benar-benar rezim yang membodohkan mahasiswa,” kata Moken.

Dalam releasenya Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) selengkapnya menuntut :
  1. Kembalikan Pilkada langsung.
  2. Wujudkan pendidikan dan kesehatan gratis.
  3. Tuntaskan dan adili kasus-kasus pelanggaran HAM.
  4. Usut tuntas kasus-kasus korupsi di Indonesia.
  5. Hentikan politik upah murah dan perampasan tanah.
  6. Nasionalisasi aset-aset strategis.
  7. Tolak Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) sebagai peta penindasan manusia dan alam.
"Kepada organisasi-organisasi gerakan mahasiswa, dan sektor gerakan lainnya, bergabunglah bersama Aliansi Mahasiswa Indonesia dalam aksi menolak penaikan harga BBM," himbau mahasiswa pada masyarakat pada Jumat hari itu.

Mahasiswa akan terus melakukan aksi penolakan dan mereka sudah memulainya di kampus UI Depok. Aksi mahasiswa itu dilakukan pukul 14.00 dengan titik kumpul di Stasiun UI dilanjutkan konvoi motor keliling UI, UP, IISIP, UNINDRA, dan pukul 5 sore mereka kembali ke UI dan berorasi di Tugu Buku UI Narahubung, Depok.

About Unknown

Sekber Buruh adalah persatuan perjuangan buruh untuk melawan tiap bentuk penindasan dengan program-program kerakyatan yang anti penindasan dan penghisapan.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Ayo Berkomentar